Jumat, 16 April 2010

RISET PEMUAIAN

PEMUAIAN
LATAR BELAKANG :
Mengetahui pengertia pemuaian dan mencari peristiwa yang mencangkup tentang pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

ISI :
Pemuaian adalah peristiwa bertambah panjang, luas, atau volume suatu benda akibat perubahan suhu. Pemuaian pada suatu zat terjadi karena zat menerima kalor sehingga suhu zat naik.
Peristiwa pemuaian pada kehidupan sehari-hari sangatlah banyak dari rel kereta api yang dipasang tidak rapat oleh rel lain, karena rel akan memuai terkena sinar matahari yang panas. Ada pula pemasangan jendela kaca yang tidak rapar terhadap kayunya/bingkainya, hal ini disebabkan karena kaca nantinya/lama kelamaan akan memuai. Dan ada juga pemompaan ban yang dipompa tidak sampai penuh, hal itu dilakukan oleh para montir bengkel agar ban tidak mudah pecah yang disebabkan oleh pemuaian serta untuk membengkokkan sebuah besi yang keras tukang las menggunakan sifat pemuaian dengan cara me las sebuah besi tersebut sampai memuai dan dapat dibengkokkan

Versi cerita,,,wkwkwk
suatu hari, dimana siang itu sedang terik(panas sekali), saya iseng meniup balon di pendopo belakang rumah, lalu saya letakkan berantakan dipendopo tersebut, salah satu dari balon bertempat dimana tempat tersebut tempat yang terkena sinar matahari langsung. Dengan selang waktu beberapa menit, balon pun pecah, DUARRR!!!!!!! Saya langsung melihat dan mengambil sisa balon yang pecah tersebut, rasa cukup panas terasa dari kulit balon yang pecah.
Kesimpulan dari cerita di atas adalah
Jika balo diletakkan di tempat yang terkena matahari langsung(apalagi terik) dengan selang waktu beberapa menit lama kelamaan volume balon akan bertambah, hal ini disebabkan kalor yang berasal dari matahari mempengaruhi suhu/udara didalam balon sehingga suhu/udara balon melebihi kapasitas balon.

KESIMPULAN :
Pemuaian terjadi apabila suatu zat/benda menerima kalor sehingga dapat menyebabkan meningkatnya panjang,luas dan volume yang disebabkan perubahan suhu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar