Jumat, 16 April 2010

RISET KELISTRIKAN

KELISTRIKAN

LATAR BELAKANG :
Mempelajari ilmu kelistrikan lebih dalam dan mengerti pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

ISI :
Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrk..
Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti electron dan proton yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya. Energi listrik adalah energi akhir yang dibutuhkan bagi peralatan listrik untuk menggerakkan motor, lampu penerangan, memanaskan, mendinginkan ataupun untuk menggerakkan kembali suatu peralatan mekanik untuk menghasilkan bentuk energi yang lain.
Sumber energy listrik berasal dari baterai, PLTA,PLTU,PLTN, panel surya dll.

Inilah beberapa contoh dari perubahan energy listrik yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari :
-Energy listrik berubah menjadi energy bunyi contohnya adalah radio,
mp3,mp4 dll.
-Energi listrik berubah menjadi energy gerak contohnya adalah kipas
angin,blender, mainan,sepeda listrik dl
-Energi listrik berubah menjadi energy panas(kalor) contohnya adalah
setrika, kompor listrik,solder,rice cooker, dll
-Energi listrik berubah menjadi energy cahaya contohnya adalah
lampu
pijar,lampu neon, dll
-Energi listrik berubah menjadi energy cahaya dan suara contohnya
adalah televisi,computer,laptop, dll

listrikpun dapat merugikan manusia, contohnya saat terjadi konsleting dapat menyebabkan kebakaran, dan jika terjadi banjir apabila PLN tidak memadamkan listrik, akibatnya kita dapat tersengat listrik yg disebabkan kabel-kabel listrik yang terkelupas.

versi cerita,,,agagaga
saat bermain mobil-mobilan saya iseng membongkar mobil-mobilan tersebut alasannya saya ingin mengetahui apa yang dapat membuat gerak maju pada sebuah mainan mobil-mobilan. Ternyata setelah saya bongkar yang saya lihat adalah dynamo yang dilengkapi 2 buah baterai. Lau saya pecahkan dynamo tersebut, dan yg lihat adalah kumparan-kumparan kabel/kuningan sejenisnya. Hal ini membuat saya berfikir bahwa mobil-mobila bergerak maju berawal dari baterai sebagai energy listri(penting) lalu arus listrik merambat/menuju ke dynamo yg dmana terdapat banyak kumparan listrik dari kumparan listrik tersebut membuat gerak motor listrik(rotor) lalu motor listrik lah yang dapat membuat mainan mobil-mobilan maju.


KESIMPULAN :
Ketika kita memanfaatkan listrik haruslah memanfaatkannya dengan baik sebab energy listrik di bumi ini semakin berkurang, oleh karena itu kita harus menghemat pemakaian listrik. Dan apabila kita menggunakan listrik dengan tidak baik akibatnya kita dapar merugi bahkan merugikan orang lain.

1 komentar: