Jumat, 16 April 2010

RISET GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

LATAR BELAKANG :
Mengetahui pengertian gelombang elektromagnetik dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

ISI :
Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur, yaitu: panjang gelombang/wavelength, frekuensi, amplitude/amplitude, kecepatan.Gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari memiliki peran yang sangat vital/ penting, karena gelombang elektromagnetik seringkali digunakan dalam kegiatan sehari-hari manusia yang berguna untuk memudahkan kehidupan manusia. Gelombang elektromagnetik dapat kita jumpai dimana saja terutama dalam kegiatan/ alat yang digunakan manusia sehari-hari seperti saat kita mendengarkan radio, suara radio bersumber dari suatu pemancar yang di pancarkan melalui gelombang elektromagnetik.selain itu remot tv juga termasuk gelombang elektro magnetik
Contoh lain adalah :
Sinar x :dalam kedokteran untuk keperluan rongsen
Sinar ultraviolet :untuk mengetahui unsure bahan melalui tehnik spektroskopi
Sinar inframerah :untuk pemotretan
Gelombang radar :sebagai pemancar dan penerima gelombang
Gelombang tv / radio :sebagai alat komunikasi/pembawa informasi

Versi cerita,,,ckckck
Pada suatu hari, sekitar jam 3 sore, didaerah palangkaraya cuaca sedang tidak bersahabat, hujan rintik /gerimis yang disertai gemuruh petir kecil sedang mengguyur kota yang cantik ini.ckckcck…. hal ini membuat saya menjadi malas kemana-mana dan hanya ingin diam dikamar sambil bermain PB!!!ckckckc… sedang asik mengheadshoot musuh, terdengar kilat petir yang keras DIEEEERRRR!!!! Mendengar itu dengan cepat saya matikan computer dan tepat pada waktu itu jam menunjukkan pukul 15.25, itu pertanda saya akan pergi les. Namun saat sedang bersiap-siap terdengar bunyi alarm mobil ayah yang begitu berisik, (semua orang bingung)“ konci mobil masih tergantung, namun alrm mobil berbunyi”. Sayapun tidak begitu menghiraukan kejadian itu, lalu saya melanjutkan untuk pergi ke garasi mengambil motor. Saat memasukkan konci motor (kejadian unik terjadi) badan saya yang menempel di bodi/tangki bensin tersetrum dengan sendirinya, dengan reaksi cepat, saya turun langsung dari motor, dan menatap motor sejenak(bengong dan bingung) lalu saya pegang knalpot mtor,”ajaib” didaerah knalpot setruman listrik lebih tinggi dibanding daerah tangki bensin. Karena saya takut, saya memanggil si oom untuk memeriksa keadaan. “Ajaib lagi” Ternyata semua motor yang berada di garasi dapat menghantarkan listrik(setruman). Hal ini menunjukkan bahwa mobil/motor (BAGIAN LOGAM) dapat menjadi perantara listrik yang disebabkam petir yang merambat ke logam melalui gelombang elektromagnetik.

KESIMPULAN :
Gelombang elektromagnetik memiliki dua sisi yang bertolak belakang. Di satu sisi Gelombang elektromagnetik dapat membuat kehidupan lebih mudah dan maju, disisi lain Gelombang elektromagnetik dapat merugikan manusia juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar