Jumat, 16 April 2010

RISET KALOR

KALOR

Latar belakang :
Mengetahui pengertian kalor dan mencari manfaat kalor dalam kehidupan sehari-hari.

ISI :
Kalor adalah energi yang berpindah dari satu benda ke benda yang lain karena adanya perbedaan suhu. Secara ilmiah kalor berpindah dari suhu tinggi ke suhu yang rendah.
Perpindahan kalor terbagi menjadi 3
Konduksi : perpindahan kalor tanpa disertai perpindahan partikel
Konveksi : perpindahan kalor disertai perpindahan partikel
Radiasi : perpindahan kalor dengan pancaran gelombangelektromagnetik

Dalam kehidupan sehari-hari kalor kalor sangat berperan penting bagi kehidupan mahluk hidup, contohnya manusia memerlukan kalor untuk menjemur,dan menyetrika pakaian, bagi tumbuhan kalor diperlukan untuk pertumbuhan/perkembanagan tumbuhan, bagi hewan seperti buaya kalor diperlukan untuk manaikkan suhu didalam tubuh buaya.contoh yang merugikan adalah ketika daun-daun kering terkene kalor yang bersumber dari matahari, terkadang dapat menyebabkan terbakarnya daun kering tersebut.

Versi cerita,,, hohoho
Contoh dari perpindahan kalor secara konduksi adalah ketika saya sedang membakar sampah, saya mengotak-atik sampah dengan sebuah besi panjang, lalu tak lama kemudian besi itu terasa panas dan semakin panas. Dari hal itu kita bias lihat bahwa besi? Barang logam merupakan KONDUKTOR ( bahan yang kuat menghantarkan kalor)
Contoh lainnya adalah perpindahan kalor secara radiasi, melanjuti membakar sampah tadi, jika saya mendekati sampah yang dibakar, maka badan saya akan merasakan suhu panas, hal ini disebabkan oleh kalor yang berpindah secara radiasi melalui udara.

KESIMPULAN :
Dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita harus pintar menggunakan kalor sebaik-baiknya, karena akibat dari kalor jika dimanfaatkan dengan tidak baik akan berdampak buruk bagi kita sendiri bahkan dapat merusak ekosistem alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar